Selasa, 29 September 2015

Budaya Korporat Perusahaan Nestle

Nama   : Birgita Olimphia Nelsye
NPM   : 141005320
Sosiologi Bisnis

1.      Nama Perusahaan: Nestle.
Nestle adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan ke seluruh dunia.
2.      Jenis Perusahaan: Multinasional
3.      Logo Perusahaan:
                         

Simbol dua anak burung dalam sarang bersama induknya dengan penuh kasih sayang memberi makanan kepada anaknya.
4.      Slogan: Good Food, Good Life
5.      Visi dan Misi Perusahaan:
Visi:
a.       Nestle memusatkan perhatian pada peningkatan gizi (nutrition), kesehatan (health) dan keafiatan (wellness) dari konsumen.
b.      Memproduksi produk berkualitas dan membangun brand yang memenuhi kebutuhan konsumen.
c.       Nestlé terus-menerus melakukan penelitian dan pengembangan untuk terus melakukan penyempurnaan berbagai produk ciptaannya. Hal ini dilakukan sejalan dengan berkembangnya konsep dan dimensi makanan, yang kini tidak lagi sekedar untuk memperoleh kenikmatan (enjoyment) namun telah berkembang menuju keafiatan (wellness) dan bermuara pada kehidupan yang sejahtera dan berkualitas (wellbeing).
Misi:
a.       Turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat melalui produk-produknya yang berkualitas, bernutrisi dan lezat rasanya.
b.      Memberikan informasi dan pendidikan bagi konsumen, antara lain seperti tercantum dalam kemasan setiap produk Nestle.
c.       Berusaha untuk selalu menjalankan tanggung jawab kepada masyarakat dan menciptakan manfaat / Creating Shared Value (menciptakan manfaat bersama). Tidak hanya akan memproduksi produk berkualitas tinggi dan bergizi bagi para konsumen, namun juga akan membantu ribuan petani untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas hasil pertanian mereka, menciptakan lapangan pekerjaan baru, menggunakan bahan baku dalam negeri yang akan diolah menjadi produk bernilai tambah dan berkualitas tinggi – dengan demikian menciptakan manfaat bersama sepanjang mata rantai perusahaan.
d.      Dalam beroperasi, Nestle senantiasa memastikan standar perilaku bisnis yang ketat dan mendukung pelestarian lingkungan sebagaimana tercantum dalam Nestlé Corporate Business Principles. Ini termasuk Prinsip-Prinsip Global Compact PBB tentang Hak Azasi Manusia, Tenaga kerja, Lingkungan dan Korupsi.

6.      Budaya Korporat
a.       Menjamin Gizi, Kesehatan dan Keafiatan. Tujuan utama Nestle adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan para konsumen setiap hari, di manapun mereka berada dengan menawarkan pilihan produk makanan dan minuman yang lezat dan sehat, serta mendorong gaya hidup sehat.
b.      Menjamin Mutu dan Keamanan Produk. Di mana saja di seluruh dunia, nama Nestlé menjanjikan produk yang aman dan berkualitas tinggi kepada konsumen.
c.       Komunikasi kepada Konsumen. Nestle berkomitmen untuk melakukan komunikasi kepada konsumen yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya, yang memberdayakan konsumen untuk menggunakan hak mereka atas pilihan yang bersandarkan pada informasi yang benar, dan mempromosikan pola makan yang lebih sehat. Nestle menghargai privasi konsumen.
d.      Hak Asasi Manusia. Nestle mendukung penuh prinsip-prinsip United Nations Global Compact tentang hak asasi manusia dan ketenagakerjaan dan bertujuan untuk memberikan contoh-contoh mengenai hak asasi manusia dan praktik ketenagakerjaan di seluruh kegiatan bisnis kami.
e.       Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Pribadi. Keberhasilan tercipta berkat dukungan para karyawan. Nestle memperlakukan para karyawan dengan rasa hormat dan bermartabat dan mengharapkan setiap karyawan mempunyai rasa tanggung jawab pribadi, mempekerjakan tenaga kerja yang kompeten dan mempunyai motivasi dan menghargai nilai-nilai, memberikan kesempatan yang sama untuk pengembangan dan kemajuan mereka, melindungi privasi mereka dan tidak menoleransi segala bentuk pelecehan dan diskriminasi.
f.       Keamanan dan Kesehatan Kerja. Nestle  berkomitmen untuk mencegah kecelakaan, cedera dan penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan, dan melindungi para karyawan, mitra usaha dan pihak-pihak lain yang terlibat di sepanjang mata rantai usaha kami.
g.      Pemasok dan Hubungan dengan Pelanggan. Nestle mensyaratkan kepada para pemasok, agen, subkontraktor dan karyawan mereka untuk bersikap jujur, adil dan berintegritas, serta mematuhi standar yang tidak dapat ditawar. Nestle juga memiliki komitmen yang sama kepada para pelanggan kami.
h.      Pembangunan Pertanian dan Pedesaan. Nestle berkontribusi dalam perbaikan di bidang produksi pertanian, status sosial ekonomi para petani, masyarakat pedesaan dan dalam sistem produksi agar lebih berwawasan lingkungan.
i.        Lingkungan dan Keberlanjutan. Nestle berkomitmen pada praktik bisnis yang berwawasan lingkungan. Pada semua tahap masa pakai produk, Nestle berupaya untuk menggunakan sumber daya alam secara efisien, lebih memilih menggunakan sumber daya yang terbarukan yang dikelola secara berkelanjutan dan menetapkan sasaran limbah nol.

j.        Air. Nestle berkomitmen pada penggunaan air secara berkelanjutan dan perbaikan pengelolaan air. Mereka menyadari bahwa dunia menghadapi tantangan ketersediaan dan kebutuhan air yang semakin besar dan bahwa pengelolaan sumber-sumber daya dunia yang bertanggung jawab oleh semua pengguna air merupakan suatu kebutuhan mutlak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar