Senin, 28 September 2015


Willy Dosan (141005405)

PT Semen Indonesia (persero) Tbk.

VISI
MENJADI PERUSAHAAN PERSEMENAN INTERNASIONAL YANG TERKEMUKA DI ASIA TENGGARA
MISI
1.      Mengembangkan usaha persemenan dan industri terkait yang berorientasikan kepuasan konsumen.
2.      Mewujudkan perusahaan berstandar internasional dengan keunggulan daya saing dan sinergi untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
3.      Mewujudkan tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan.
4.      Memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan (stakeholders).
5.      Membangun kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia

Logo PT Semen Indonesia

 
          
                                                       


Dalam hal ini PT Semen Indonesia belum Menjelaskan Logonya namun dalam dari logo lama PT Semen Gresik sebagai berikut:
1 . 1.  Gapura menggambarkan identitas kota Gresik (terutama gerbang masjid di kompleks makan sunan    Giri) sekaligus mengakomodasi warisan seni arsitektur nusantara.
2.  2.  Bunga di atas atap melambangkan kesempurnaan, keluhuran, dan kemuliaan yang senantiasa dicapai  dan dijunjung tinggi.
3.3. Sembilan lapis atap melambangkan kesembilan wali (walisongo) yang secara historis mempunyai akar yang sangat kuat dengan kota Gresik. Kesembilan atap tersebut membentuk segitiga (melambangkan bukit di mana dulu Sunan Giri membuka “pesantren” untuk menyebarkan agama Islam di bukit Giri) yang disangga oleh dua dinding tebal melambangkan kekokohan perusahaan.
4.4. Iima tangga masuk (undak-undakan) melambangkan ilmu rukun Islam yang harus dilewatisebagai proses untuk masuk pada pintu Gapura dan memetik (bunga) kesempurnaan.
5. 5. Huruf SG yang ditulis besar merupakan singkatan dari “Semen Gresik” dan dengan sangat mudah bisa diasosiasikan sebagai “Sunan Giri.”Jadi, secara keseluruhan logo PT Semen Gresik bermakna simbolisasi sejarah dan falsafah perusahaan yang sekaligus mencerminkan sifatnya yang solid, kokoh, dan terpercaya.

Budaya Perusahaan (corporate culture)

Proses pembentukan budaya korporasi berawal dari kesadaran bahwa perusahaan memerlukan perekat untuk mempersatukan perusahaan-perusahaan yang berada di dalam group perseroan, yaitu Semen Padang dan Semen Tonasa, dengan memformulasi budaya korporasi yang bersifat universal dan mengakomodasi aspirasi karyawan. Dengan terbentuknya budaya korporasi yang bersifat universal dan mengakomodasi aspirasi karyawan, budaya ini telah meresap dan dipraktikkan dalam aktivitas sehari-hari karyawan dan menjadi akselerator pertumbuhan kinerja Perseroan demi mencapai visi untuk menjadi perusahaan persemenan terkemuka di Asia Tenggara. Budaya perusahaan merupakan sumber dari seluruh pranata organisasi (software) pengaturan pengelolaan perusahaan, yang  dikembangkan dari falsafah dan nilai-nilai yang menjadi pedoman dan keyakinan insan Perseroan dalam melaksanakan tugasnya. Budaya korporasi SGG disusun dalam akronim “CHAMPS” yang mengandung nilai-nilai budaya sebagai berikut:
• C ompete With a Clear & Synergized Vision
• H ave a High Spirit for Continuous Learning
• A ct with High Accountability
• M eet Customer Expectation
• P erform ethically with high Integrity
• S trengthening Teamwork
Kata CHAMPS merupakan penggalan dari kata bahasa Inggris “CHAMPION” yang memiliki arti “pemenang” atau ”juara”. Huruf S pada akhir kata CHAMPS menunjukkan bahwa pemenang berjumlah jamak atau lebih dari satu orang, yaitu para karyawan yang ada dalam semua perusahaan yang tergabung dalam grup di
Perseroan. Selanjutnya nilai-nilai budaya tersebut diaktualisasikan ke dalam perilaku kunci (key behavior). Redefinisi Budaya Perusahaan ini adalah bagian dari  upaya untuk meningkatkan kesiapan seluruh jajaran Perseroan dalam merealisasikan rencana jangka panjang dan meraih peluang pertumbuhan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar