Selasa, 29 September 2015

TUGAS SOSIOLOGI BISNIS PT. PERTAMINA EP

PAULINA IPA KROMEN BETAN/141005459/SOSIOLOGI BISNIS



PT. PERTAMINA EP ( EKSPLORATION AND PRODUCTION )


VISI DAN MISI

Visi: Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.

Misi: Menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.

Untuk mewujudkan Visi Perseroan sebagai perusahaan kelas dunia, maka Perseroan sebagai perusahan milik Negara turut melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, terutama di bidang penyelenggaraan usaha energi, yaitu energi baru dan terbarukan, minyak dan gas bumi baik di dalam maupun di luar negeri serta kegiatan lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha di bidang energi, yaitu energi baru dan terbarukan, minyak dan gas bumi tersebut serta pengembangan optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat serta mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

Misi Perseroan menjalankan usaha inti minyak, gas, bahan bakar nabati serta kegiatan pengembangan, eksplorasi, produksi dan niaga energi baru dan terbarukan (new and renewable energy) secara terintegrasi.




BUDAYA CORPORATE

PT. PERTAMINA EP merupakan anak perusahaan PT. Pertamina (persero). PT. Pertamina EP menyelenggarakan kegiatan usaha disektor hulu bidanhg minyak dan gas bumi yang meliputi eksplorasi dan eksploitasi. Pertamina EP selain menyelenggarakan kegiatan usaha disektor hulu, Pertamina EP juga melaksanakan kegiatan usaha penunjang lain yang secara langsung maupun tidak langsung mendukung bidang usaha utama Pt. Pertamina. Pertamina EP beroperasi hampir diseluruh wilaya indonesia, dari sabang sampai mauroke. Penempatan pertamina sebagai perusahaan minyak dan gas bumi milik Negara sesuai dengan UU no.8, pada 1971, dengan ketentuan bahwa semua perusahaan minyak yang hendak menjalankan usaha di indonesia wajib bekerja sama dengan pertamina, karena itu pertamina bertindak sebagai regulator bagi mitra yang menjalin kerja sama melalui mekanisme kontrak kerja sama di wilayah kerja pertamina. disisi lain pertamina juga bertindak sebagai operator kerja juga, menggarap sendiri sebagian wilayah kerjanya.


PT. Pertamina EP merupakan bagian dari pertamina (persero) yang hanya bertindak sebagai operator yang menjalin kontrak kerja sama dengan pemerintah diwakili BPMIGAS. Kontrak kerja sama ini guna mengelolah usaha eksplorasi,eksploitasi,dan produksi minyak dan gas sebagai konsekuensi pemisahan usaha hulu dengan hilir.

 

ETIKA KERJA DAN BISNIS

Etika Kerja dan bisnis Pertamina EP mencakup seperangkat aturan perilaku yang dimiliki pekerja baik dalam hubungan internal diantara sesame pekerja maupun dengan pihak eksternal. EKB juga merupakan acuan bagi pekerja yang mengalami keraguraguan dalam menjalankan kegiatan bisnis. Pada situasi situasi tertentu aturan yang dibuat bukan sekedar menggambarkan bagaimana Pertamina EP melaksanakan kegiatan bisnis, namun lebih jauh adalah upaya perusahaan ini membangun budaya baru dengan tujuan menciptakan lingkungan kerja yang beretika diseluruh lingkungan bisnis Pertamina EP.

PEKERJA PERTAMINA EP

Pekerja Pertamina EP adalah pro1essional yang diseleksi secara ketat dan akurat. Mereka secara terus menerus ditingkatkan kemampuannya sehingga menjadi pekerja yang tangguh, memiliki keunggulan kompetiti1 berkesinambungan, berjiwa wirausaha, professional dan bermoral tinggi. Kualitas dan moralitas yang tinggi sangat diperlukan karena pekerja Pertamina EP sangat diandalkan sebagai penghasil devisa, karena kewajiban yang dibebankan kepundaknya inilah maka peningkatan kualitas SDM Pertamina EP merupakan keharusan.

Pengembangan sisi sumberdaya manusia di Pertamina EP menitikberatkan pada peningkatan personal :uality dan empowerment, dengan standar World class People. Perjalanan untuk mendapatkan pekerja yang berkelas dunia dimulai dengan beberapa proyek yang dilaksanakan sejak awal trans1ormasi, yakni Talent Management dan Succession Planning.

CULTURE CHANGE

Culture change sudah ada di tubuh perusahaan PT. Pertamina EP. Dalam melaksanakan transformasi di Pertamina EP, setiap individu harus memiliki keberanian dalam mengambil keputusan dan berani untuk melakukan perubahan, Setiap individu juga harus memiliki keberanian dalam bertindak untuk meninggalkan zona kenyamanan karena tantangan perusahaan kedepan sangatlah berat.

 

NILAI-NILAI UNGGULAN PERTAMINA EP

Bentuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis para pekerja Pertamina EP senantiasa mengacu pada nilai-nilai dasar yang telah disepakati bersama sebagai tata nilai unggulan. nilai-nilai unggulan itu diharapkan mampu membangun kekuatan sinergi sehingga mampu menjadi pendorong untuk mencapai visi Pertamina EP World class melalui misi strategis perusahaan. Nilai-nilai unggulan yang terdiri dari 1ocus, integrity, visionary, excellence dan mutual respect disingkat dengan FIVE-M ini ditanamkan kepada seluruh pekerja, sebagai arah pedoman untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar